Peralatan dan cara merawat peralatan multimedia hadware dan sofware

Peralatan dan cara merawat peralatan multimedia hadware dan sofware
A.Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat ,diraba dan disentuh secara fisik. Jadi, 
 rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. contoh hadware

1.Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) 
    instruksi dari pengguna komputer. Contohnya adalah Keyboard, Mouse,dll
2. Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer 
    untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Processor
3. Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan
   suatu proses (output) dari pengguna komputer. Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
>Macam macam perangkat hadware  
1. Motherboard
Hasil gambar untuk perangkat hardware
Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.
2. Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
3. Hard Disk
Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.
4. PC Cooler/ Heatsink
PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler/ heatsink sangatlah penting.
5. Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
6. SSD
SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk.Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal daripada HDD meskipun dengan kapasitas yang sama.
VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer.
7. Optical Drive
Optical drive merupakan salah atu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.
8. Power Supply
Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen yang lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.
11. RAM
RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.
12. Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.
13. Mouse
Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, anatara lain : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.
14. Printer
Sama halnya dengan monitor, printer merupakan perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy). Berdasarkan teknologi yang digunakan saat ini, jenis-jenis printer yang banyak ditemui adalah printer Dotmatrix, printer Inkjet dan printer Laserjet.
15. Sound Card
Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah pelengkap komputer, namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer.
16. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah hard file menjadi digital file yang dapat diolah di komputer.
17. Proyektor LCD
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar. Untuk menampilkan video/ gambar, proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.
18. Modem
Modem mempunyai kepanjangan Modulator Demodulator. Modem sendiri berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital di konversi oleh modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang berbentuk sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk digital agar dapat diolah oleh komputer.
19. NIC/ LAN Card
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, antaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).
20. Speaker
Speaker merupakan perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker mempunyai peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika di dukung oleh perangkat yang bernama sound card.
21. Webcam
Webcam merupakan kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Kebanyakan webcam saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam juga biasanya digunakan untuk mengambil gambar maupun video melalui jaringan internet.Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.

CARA MERAWAT PERALATAN HADWARE


A.MERAWAT MOTHERBOADR SUPAYA AWET DAN TAHAN LAMA

1. Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.

2.Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan      pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan        menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan

3.Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya        pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga            temperatur di dalam ruang CPU.

4.Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen          lainnya dari debu sekali sebulan.

5.Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang                tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk                    menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet)

6.Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dlam seminggug, hardisk memerlukan udara yang dingin untuk menjaga suhunya agar tetap dingin, karna panas dapat merusak hardisk. jadi berikanlah celah angin-angin agar udara bisa masuk dan hardisk anda tetap terjaga suhunya Nah mendengar kata itu sudah tidak asing lagi di telinga karena setiap selesai menggunakan komputer tentunya kita akan mematikan komputer kita. Nah mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yakni melalui menu shutdown di windows kita dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. karena dengan prosedur yang salah akan menyerang hardisk kita yang tiba-tiba akan berhenti mendadak tanpa tegangan listrik. Jadi matikanlah komputer dengan cara yang benar, Mesin juga membutuhkan suhu yang stabil, apabila panas juga akan mengganggu kesehatannya, Seperti manusia. jangan taruh CPU pada tempat yang lembab. Nah cara ini sangat efisien untuk menjahga kinerja si hardisk. Usahakan sahabat lapkom untuk defrag harisk untuk waktu berkala seperti seminggu sekali atau sebulan sekali. Jika di hardisk anda tidak ada kipanya anda bisa memasangnya sendiri agar hardisk tetap dingin. dan selalu periksa power supply yang mengaliri tegangan ke dalam hardisk anda. 

B.PENGERTIAN SOFWARE 

adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintaHJenis-jenis Software atau Perangkat LunakSoftware atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .Software berbayarSoftware berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.FreewareFreeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).Free SoftwareFree Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.SharewareShareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.


 1.CARA MERAWAT PERANGKAT SOFWARE
  • Hidupkan danmatikan komputer sesuai prosedur yang benar. pada sistem operasi windows, lakukan selalu proses shutdown sehingga saat menghidupkan kembali komputertidak ada masalah dengan sistem operasi
  • Gunakan program bantu antivirus. dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. sebaiknya kurangi transfer dengan media disket.
  • Lakukan backup data secara berkala. hal ini berguna untuk menjaga keamanan data mengurangi penggunakan kapasitas media penyimpanan dan memudahkan pendistribusian data jika di butuhkan
  • Untuk keamanan data gunakan selalu UPS dan Stavol jika sewaktu-waktu aliran listrik padam, masih ada waktu untuk menyimpan hasil pekerjaan dan melakukan shutdown sesuai dengan prosedur.
  • Lakukan penataan disk (hardisk drive ) secara rutin, karena seperti telah di uraikan dimuka, proses hapus tulis media penyimpanan membuat struktur file menjadi tidak teratur, gunakan program pembantu seperti Scandisk dan defrag.
  • sebaiknya tidak menginstal sistem operasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu. semakin padat konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi,maka kinerja komputer menjadi lambat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar Rigging dengan Bone (tulang ) pada objek 3D

A. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN STORYBOARD

MACRO DAN MICRO